Selasa, 07 Juli 2009

Memang Data Nggak Di-Cek-n-Ricek ?

Sekarang ini lagi ribut - ribut soal DPT (Daftar Pemilih Tetap). Hampir semua berita di layar kaca dan radio membicarakan DPT yang disinyalir kisruh. Tadi malam saya juga sempat liat di TVONE, ada acara yang membahas soal DPT.

Persoalan dengan DPT adaalah : (1) Ada data yang ganda (2) Ada pemilih yang tidak mendapat kartu panggilan karena tidak tercatat. Inilah salah dua dari sekian persoalan yang barkaitan dengan DPT.

Menurut pihak KPU, untuk data yang ganda petugas akan mencoret data tersebut sehingga tinggal satu. Sedangkan yang tidak tercatat, akan menggunakan KTP atau juga KK sebagai bukti bahwa warga tersebut berhak memilih pilihannya.

Teman saya dapat dua kartu panggilan untuk memilih. Dia ngomong ke saya. Yah saya bilang saja, tinggal gunakan satu, karena tidak mungkin pilih dua.

Kalau upaya KPU untuk mencoret data yang ganda, seharusnya itu dilakukan sebelum data tersebut dicetak. Bahkan Ms.Excel aja bisa digunakan untuk itu. Apalagi ditambah (add-on) dengan Extools. Khan mestinya sebelum dicetak, cek n ricek dulu datanya apakah ada yang ganda atau tidak.
Memang Data Nggak Di-Cek-n-Ricek ?SocialTwist Tell-a-Friend

Tidak ada komentar:

Posting Komentar